Perbedaan Softcopy dan Hardcopy

Diposting oleh Mie Ayam The Best
Pada Hari : Rabu, 06 November 2013

Masih bingung apa itu Softcopy dan Hardcopy ? hehehe...sebetulnya niat posting soal softcopy dan hardcopy muncul setelah murid saya bertanya tentang 2 hal itu.. ya udah saya jelaskan saja..


Soft Copy/ Softcopy adalah file atau dokumen yang sebelumnya dibuat menggunakan komputer kemudian disimpan di media penyimpanan (cd,  flashdisk atau media penyimpanan lainnya) Misalnya softcopy : .docx, .xlsx, .pptx dan format file yang lainnya.
Biasanya Soft copy untuk mengumpulkan tugas/mengirim data yang biasanya dikirim melalui email ataupun melalui media penyimpanan.
Pastinya pernah dengar dosen atau guru bilang "Kirimkan softcopynya ke email bapak." Berarti yang dikirim ke emailnya dalah "file datanya".

Sedangkan Hardcopy kebalikan dari softcopy yang masih dalam bentuk file yaitu merupakan sebuah dokumen yang sudah dalam bentuk cetak/print-print an. 

Contohnya jika kita mengetik data, maka softcopynya adalah file ketikan tersebut, sedangkan untuk hardcopynya ya hasil file ketikan tersebut jika sudah di cetak/print.

Lalu apa itu Softcopy Device dan Hardcopy Device ??? hehehe... Sama halnya dengan Output device dan Input device, Softcopy Device adalah media yang digunakan untuk menyimpan data/file yang dibuat. Contohnya Harddisk, flashdisk, atau CD/DVD. Sedangkan Hardcopy Device adalah media yang digunakan untuk mencetak file/data. Contohnya Printer atau Plotter.

Pemberian nama Soft copy dan Hard copy tidak terbatas kepada jenis file yang disimpan/dicetak, bisa berupa file teks, gambar dan foto, dan lainnya. Soft copy/Hard copy juga tidak terbatas kepada tujuan penyimpanan/pencetakan file, bisa bertujuan untuk dokumentasi/backup, untuk laporan, atau untuk keperluan apapun.

Pahamkan semua hal tenang Softcopy dan Hardcopy...hehehe..

{ 7 komentar...
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Saya. Jika Ingin Memberikan Komentar, Mohon Menggunakan Bahasa Yang Baik. }

https://anggrainiartikel.blogspot.com/2020/05/perencanaan-agregat-dan-s.html mengatakan...

THANKS FOR INFORMATION

Perumahan asri mengatakan...

hal yang sederhana menjadi berharga saat seseorang sedang bingung yang tahu menjadi lupa.
infonya membantu terima kasih

Unknown mengatakan...

Trimakasih

Unknown mengatakan...

Terima kasih, penjelasan nya sangat bermamfaat.

Agustinus kadi gollu mengatakan...

Terimah kasih..
Dan sangat membantu..

hedifaddist mengatakan...

Bedanya dengan softfile dan hardfile apa ya?

Kory mengatakan...

Trims sudah membantu sy dan sy sdh memahami

Posting Komentar