Cell, Range, Kolom dan Baris

Diposting oleh Mie Ayam The Best
Pada Hari : Kamis, 29 Maret 2012

Mengenal cell, range, kolom, dan baris dalam Excel adalah sangat penting bagi pemula pengguna Excel. Untuk mudahnya, langsung kita lihat gambar berikut : 



Worksheet Excel dibentuk oleh kolom-kolom dan baris-baris. Kolom berbentuk vertical ke bawah seperti ditunjukkan oleh warna biru di gambar di atas. Kolom dalam Excel dinamai dengan huruf A, B, C, dst.

Sedangkan baris (ditunjukkan dengan warna krem) berbentuk horizontal dan dinamai dengan angka, mulai angka 1,2,3, dst. Menurut Excel, sebuah worksheet maksimal berukuran 1,048,576 baris kali 16,384 kolom. Wow!!!

  Cell (kotak warna kuning) adalah bagian terkecil dalam Worksheet. Cell merupakan pertemuan antara baris dan kolom makanya cell dinamakan berdasarkan kolom dan baris di mana dia berada. Contohnya : cell di atas bernama A2. A adalah nama kolom dan 2 adalah nama baris tempat cell itu berada.

  Range (kotak warna hijau) adalah kumpulan cell. Range bisa berupa beberapa cell dalam satu kolom yang sama. Atau beberapa cell dalam satu baris yang sama. Atau juga berupa kumpulan cell dalam beberapa kolom dan beberapa baris. Range bisa dinamai dengan cara klik kanan di range yang akan dinamai. Pilih Name a Range lalu isi parameter yang dibutuhkan. Penamaan range dimaksudkan memudahkan penggunaan range berkali-kali dalam rumus/fungsi.

{ 0 komentar...
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Saya. Jika Ingin Memberikan Komentar, Mohon Menggunakan Bahasa Yang Baik. }

Posting Komentar