KUMPULAN SOAL PPPK & CPNS 2023 Part 1

Diposting oleh Mie Ayam The Best
Pada Hari : Rabu, 18 Oktober 2023

Assalamualaikum Teman Teman Pejuang PPPK & CPNS 2023, semoga semangat terus dan belajar terus ya.

Kali ini saya berikan 15 Soal Tes Kompetensi PPPK Guru dan soal ini dikutip dari Buku Panduan Resmi Seleksi CPNS PPP3 2023/2024.

Semoga Bermanfaat bagi kalian semua.

Insya Allah akan saya update terus.

 ----------------------------------------


Soal : 

1. Menurut teori kognitif, ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seseorang melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan ....

A. Materi belajar
B. Guru
C. Teman belajar
D. Keluarga
E. Lingkungan

 Jawaban E.

----------------------------------------

2. Anak belajar melalui bentuk perumpamaan dan perbandingan untuk memahami dunia sekitarnya merupakan salah satu tahapan dalam perkembangan kognitif menurut Bruner, tepatnya tahap ....

A. Enaktif
B. Ikonik
C. Simbolik
D. Komparasi
E. Informatif

Jawaban B.

Pembahasan : Bruner menyebutkan perkembangan kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap dari caranya melihat lingkungan yaitu :

  • Tahap enaktif yaitu seseorang melakukan aktivitas-aktivitas dalam upayanya untuk memahami lingkungan sekitarnya.
  • Tahap ikonik yaitu seseorang memahami objek-objek atau dunianya melalui gambar dan visualisasi verbal. Artinya, dalam memahami dunia sekitarnya anak belajar melalui bentuk perumpamaan dan perbandingan.
  • Tahap simbolik yaitu seseorang telah mampu memiliki ide-ide atau gagasan-gagasan abstrak yang sangat dipengaruhi oleh kemampuannya dalam berbahasa dan logika.

 ---------------------------------------- 

3. Tujuan belajar dirangkum dalam tiga kawasan yang biasa disebut dengan Taksonomi Bloom. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam tingkatan kawasan afektif adalah .....

A. Penerimaan
B. Penggunaan
C. Pemberian respons
D. Pemberian nilai
E. Karakterisasi

 Jawaban B.

Pembahasan : kawasan afektif terdiri atas lima tingkatan yaitu penerimaan, pemberian respons, pemberian nilai, pengorganisasian, dan karakterisasi.

 ---------------------------------------- 

4. Materi pelajaran yang disusun dengan menggunakan pola atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks merupakan penerapan dari teori belajar ....

A. Konstruktivisme
B. Humanistik
C. Behavioristik
D. Kognitif
E. Semua jawaban benar

Jawaban D.

Pembahasan : Teori kognitif merupakan ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seseorang melalui proses interaksi yang berkesinambungan sehingga materi pelajaran disusun dengan menggunakan pola atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks.

  ---------------------------------------- 

 5. Berdasarkan Teori Kolb, peserta didik yang sangat kritis, suka menganalisis, selalu berpikir rasional menggunakan penalarannya termasuk dalam tipe peserta didik .....

A. Teoris
B. Aktivis
C. Pragmatis
D. Reflektor 
E. Evaluator

 Jawaban A.

Berdasarkan Teori Kolb, peserta didik digolongkan menjadi empat tipe, yaitu:

  1. Peserta didik tipe aktivis yaitu peserta didik yang cenderung melibatkan diri dan berpartisipasi aktif pada berbagai kegiatan dengan tujuan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.
  2. Peserta didik tipe reflektor, tipe ini cenderung berhati-hati mengambil langkan dan penuh pertimbangan.
  3. Peserta didik tipe teoris, tipe ini biasanya sangat kritis, suka menganalisis, seallu berpikir rasional menggunakan penalarannya.
  4. Peserta didik tipe pragmatis, tipe ini menaruh perhatian besar terhadap aspek-aspek praktis dalam segala hal, mereka tidak suka bertele-tele dalam membahas aspek teoritis-filosofis dari sesuatu.

---------------------------------------- 

6. Dalam teori belajar konstruktivistik, guru tidak mentransfer pengetahuan yang telah dimilikinya, melainkan membantu peserta didik untuk ....

A. Menemukan cara belajar yang tepat
B. Memahami konsep pengetahuan
C. Menemukan pengetahuan baru
D. Mengembangkan kepribadian dan karakter
E. Membentuk pengetahuannya sendiri

Jawaban E.

Pembahasan : Dalam teori belajar konstruktivistik, guru tidak mentransfer ilmu pengetahuan yang telah dimilikinya, melainkan untuk membantu peserta didik membentuk pengetahuannya sendiri sehingga guru dituntut untuk lebih memahami jalan pikiran atau cara pandang peserta didik dalam belajar.

----------------------------------------  

7. Dalam proses mengajar Bu Ida berusaha untuk menawarkan berbagai sumber belajar kepada peserta didik seperti situs-situs web yang mendukung pembelajaran. Tindakan yang dilakukan oleh Bu Ida tersebut merupakan penerapan dari teori ....

A. Humanistik
B. Behavioristik
C. Kognitif
D. Konstruktivistik
E. Mimetik

Jawaban A. 

Pembahasan : Penerapan teori humanistik akan sangat baik saat guru dapat membuat hubungan yang kuat dengan peserta didik juga membantunya berkembang secara bebas.
Contohnya dalam proses belajar guru dapat menawarkan berbagai sumber belajar kepada peserta didik seperti situs web yang mendukung.

  ----------------------------------------  

8. Zona perkembangan proksimal menurut Vygotsky meliputi tahapan-tahapan di bawah ini, kecuali ....

A. Tindakan anak masih dipengaruhi atau dibantu orang lain
B. Tindakan anak yang didasarkan atas inisiatif sendiri
C. Tindakan anak berkembang spontan dan terinternalisasi
D. Tindakan anak berkembang terarah dan memiliki tujuan
E. Tindakan anak spontan akan terus diulang-ulang hingga anak siap untuk berpikir abstrak

Jawaban D. 

Pembahasan : Vygotsky mengemukakan ada empat tahapan Zona Perkembangan Proksimal yang terjadi dalam perkembangan dan pembelajaran, yaitu:
Tahap 1: tindakan anak masih dipengaruhi atau dibantu orang lain.
Tahap 2: tindakan anak yang didasarkan atas inisiatif sendiri
Tahap 3: tindakan anak berkembang spontan dan terinternalisasi
Tahap 4: tindakan anak spontan akan terus diulang-ulang hingga anak siap untuk berpikir abstrak.

 ----------------------------------------  

9. Dalam menerapkan teori belajar Ausubel terdapat dua fase yang harus dilalui yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Dalam fase perencanaan guru melakukan beberapa hal di bawah ini, kecuali ....

A. Menetapkan tujuan pembelajaran
B. Mendiagnosis latar belakang pengetahuan peserta didik
C. Membuat struktur materi
D. Memformulasikan Advance Organizer
E. Memformulasikan rekonsiliasi integratif

Jawaban E.

Pembahasan: Pada fase perencanaan dalam penerapan teori belajar Ausubel, guru melakukan hal-hal berikut: 

  1. Menetapkan tujuan pembelajaran
  2. Mendiagnosis latar belakang pengetahuan peserta didik
  3. Membuat struktur materi
  4. Memformulasikan Advance Organizer

---------------------------------------- 

10. Proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan suatu aturan melalui contoh-contoh yang menggambarkan aturan yang menjadi sumbernya. Pernyataan tersebut merupakan teori belajar dari .....

A. Thorndike
B. Piaget
C. Bruner
D. Ausubel
E. Dorman

Jawaban C.

Pembahasan : Jerome Bruner merupakan tokoh teori kognitif yang mengembangkan teori free discovery learning. Teori tersebut menjelaskan proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan suatu aturan termasuk konsep, teori, definisi dan sebagainya melalui contoh-contoh yang menggambarkan atau mewakili aturan yang menjadi sumbernya.

----------------------------------------  

11. Aktivitas belajar yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perseptual, dan proses internal merupakan hakikat belajar berdasarkan teori ....

A. Behavioristik
B. Kognitif
C. Humanistik
D. Konstruktivisme
E. Elaborastik

Jawaban B.

Pembahasan : Hakekat belajar menurut teori kognitif dijelaskan sebagai suatu aktivitas belajar yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perseptual dan proses internal.

----------------------------------------  

12. Dalam proses pembelajaran yang dimaksud dengan pesan adalah .....

A. Simbol komunikasi
B. Media pembelajaran
C. Informasi dari guru
D. Materi pembelajaran
E. Pernyataan dari guru

Jawaban E.

Pembahasan : Pesan atau message merupakan maksud atau informasi yang akan disampaikan oleh komunikator melalui simbol-simbol. Dalam proses pembelajaran yang dimaksud dengan pesan adalah materi pelajaran.

---------------------------------------- 

13. Pengetahuan keahlian dan algoritma spesifik suatu subjek termasuk ke dalam jenis pengetahuan .....

A. Prosedural
B. Teknikal
C. Metakognitif
D. Faktual
E. Konseptual

Jawaban A.

Pembahasan: Pengetahuan prosedural adalah pengetahuan mengenai bagaimana melakukan sesuatu. Berikut ini yang termasuk pengetahuan prosedural :

  1. Pengetahuan keahlian dan algoritma spesifik suatu subjek
  2. Pengetahuan teknik dan metode spesifik suatu objek
  3. Pengetahuan kriteria untuk menentukan kapan menggunakan prosedur-prosedur yang tepat

---------------------------------------- 

14. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam gejala alam abiotik adalah .....

A. Penyebaran hama
B. Pelangi
C. Terjadinya siang dan malam
D. Terjadinya tsunami
E. Bertiupnya angin

Jawaban A.

Pembahasan : Gejala alam abiotik merupakan serangkaian fenomena yang terjadi akibat benda-benda mati seperti tsunami, bertiupnya angin, hujan, siang dan malam, serta pelangi.

  ---------------------------------------- 

15. Guru yang baik harus mampu mengelola pesan yang menarik yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tahapan pertama dalam penyusunan pesan yang baik adalah ....

A. Tahap penelitian
B. Tahap kebutuhan
C. Tahap tindakan
D. Tahap perhatian
E. Tahap visualisasi

Jawaban D.

Pembahasan : Lima tahap dalam penyusunan pesan yang baik meliputi tahap perhatian, tahap kebutuhan, tahap pemuasan, tahap visualisasi dan tahap tindakan.

----------------------------------------  

Jangan Lupa Komentarnya teman-teman..

{ 0 komentar...
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Saya. Jika Ingin Memberikan Komentar, Mohon Menggunakan Bahasa Yang Baik. }

Posting Komentar